Rabu, 11 April 2012

Bagaimana Membuat Paragraph?

Dalam pertemuan kali ini, teman-teman di sanggarLitera belajar penulisan non-fiksi: Paragraph dan Essai.
Pertama-tama Afini diminta untuk berdiri, lalu disuruh memegang bagian kepala, perut dan kaki. Nah, loh..apa hubungannya melakukan hal tersebut dengan materi yang akan disampaikan?
Begini teman-teman, bagian tubuh yang dipegang oleh Afini (kepala, perut dan kaki) adalah analogi  dari isi sebuah paragraph. Ya, paragraph seperti halnya tubuh kita. Dia memiliki bagian awal yang menampung kalimat utama, bagian tengah dan akhir sebagai kalimat pendukung atau penyempurna. Hal lain yang penting diperhatikan dalam sebuah paragraph adalah ide pokok/pokok pikiran. Yang artinya setiap paragraph wajib memiliki satu ide pokok, dan biasa pokok pikiran dibuat pada kalimat awal.
1.       Bagian-bagian paragraph: -           awal  -          Tengah  -          Akhir
2.       a. Awal -> dimulai dengan kalimat pertama yang mengandung topik/ tema 
Nah, setelah mendapat penjelasan tentang paragraph. Teman-teman sanggarLitera diminta membuat satu contoh kalimat pertama dengan topik yang sudah ditentukan oleh kakak guru.
Oya, untuk membuat kalimat pertama, kita harus membuatnya semenarik mungkin. Hal ini agar pembaca menjadi tertarik membaca keseluruhan tulisan kita. Dan… inilah contoh yang telah dibuat teman-teman sanggar :
Avicena -> topik FACEBOOK -> Facebook, yang alamat situsnya www.facebook.com, berubah menjadi www.faceme.com
Rania -> topik BANJIR -> Banjir mendatangi komplek Vio, padahal komplek Vio termasuk dataran tinggi.
Afini -> topik TIDUR -> Saat tidur aku mencium harum melati  
Jamie -> topik WORTEL -> Tiba-tiba ada yang aneh di ladang wortel! Ada hewan kecil putih yang menarik satu wortel!
Bagaimana? menarik bukan kalimat-kalimat awalnya?
Nah, selanjutnya setelah teman-teman mampu membuat contoh bagian awal (kalimat pertama), lalu diajak membuat contoh bagian tengah dan akhir (kalimat pendukung). Oya, kalimat bagian tengah dan akhir harus menjelaskan maksud dari kalimat bagian awal; yang telah mengandung pokok pikiran. Kalimat tengah dan akhir juga bisa disebut dengan isi. Dan isi sebuah tulisan beragam jenisnya, ada yang di sebut EKSPOSISI, DESKRIPSI, PERBANDINGAN & KONTRAS, PERSUASI, dan OPINI.
b. Tengah: paragraph / kalimat-kalimat pendukung
c. Jenis isi:      -> Ekposisi, yaitu isi yang menjelaskan ide berdasarkan fakta
-> Deskripsi, yaitu isi yang menceritakan detail mengenai sesuatu; orang, tempat, ide dan lain- lain,  dengan menggunakan panca indra
-> Perbandingan&Kontras, yaitu isi yang membanding sesuatu yang sama atau tidak sama sekali
-> Persuasive, yaitu pandangan penulis terhadap suatu ide secara umum 
-> Opini, yaitu pendapat atau pandangan penulis terhadap ide yang ditulisnya, disertai alasan-alasan yang memperkuat ide tersebut.
Dan, di bawah ini contoh penulisan kalimat pendukung yang dibuat teman-teman sanggarLitera. (kalimat awal yang ditebalkan sudah ditentukan oleh kakak guru):
Rania -> jenis tulisan EKSPOSISI
Kita semua memerlukan jari jempol. Mengapa? Karena jempol sangat berguna untuk bekerja atau saat dewasa nanti. Ini lah gunanya jempol: 1. Untuk menekan tombol dalam lift; tombol alert, kebakaran dan lainnya. 2. Untuk cap tinta yang bekerja sebagai pegawai negri (PNS).
Tak hanya saat dewasa, saat masih kecil dan bayi pun, kita memerlukan jempol. Seperti untuk cap jempol imunisasi. Oya, satu lagi saat dewasa kita dapat menunjuk orang hebat dengan cara tidak bicara, yaitu mengacungkan jempol.
Afini -> jenis tulisan OPINI
                Jika aku dewasa nanti, aku ingin menjadi penulis. Karena kata ibuku, menjadi penulis adalah pekerjaan yang mulia. Kalau menjadi penulis tentang agama, kita akan mendapat pehala. Jika menjadi penulis cerita dongeng, kita dapat menghibur orang. Dan jika kita menjadi penulis buku motivasi, kita akan membuat orang lebih semangat. Menarik bukan?
Avicena -> jenis tulisan PERBANDINGAN & KONTRAS
Seharusnya kita semua rajin berolah raga. Sebab olah raga akan membuat badan kita selalu bugar. Dulu setiap hari jalan raya penuh dengan orang-orang yang berolah raga, tapi sekarang hanya sekali seminggu saja. Ada saja alasan orang malas berolah raga.

Sekarang sudah zamannya benda elektronik. Pertama, para pengemudi mobil merasa susah mengendarai mobilnya di tengah jalan. Kedua, benda canggih seperti smartphone dan notebook membuat orang tergoda memainkannya. Ketiga, alasan capek. Padahal olah raga membuat kita jauh dari berbagai penyakit, terutama penyakit stroke.
Jadi dengan cara olah raga kita bisa menghemat uang. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat dan biaya rumah sakit. Ayo, kita rajin-rajin berolah raga!
Jamie -> jenis tulisan PERSUASIF
                Tempat sampah adalah benda yang berguna. Karena kalau tidak ada tempat sampah kita akan terkena banjir yang sangat besar. Kenapa bisa terjadi banjir? Karena semua orang akan membuang sampah bukan di tempat sampah tetapi di selokan lalu air di selokan akan meluap.
Meischa -> jenis tulisan OPINI
                Aku sangat ingin naik balon udara. Karena aku sangat suka yang tinggi-tinggi. Kenapa aku suka yang tinggi-tinggi? Karena kalau melihat orang yang di bawah akan menjadi kecil.
Ternyata mudah bukan meciptakan paragraph awal? Jadi, mari kita mulai berkarya melalui tulisan :)
SalamLitera

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar